Arsitektur
Komputer
Pendahuluan
Dalam dunia teknologi saat ini kita mengenal istilah yang disebut
komputer. Komputer merupakan alat bantu yang digunakan manusia untuk
mengerjakan beberapa yang dpat memudahkan manusia dalam mengerjakannya seperti
perhitungan ataupun hal-hal yang lainnya. Komputer zaman dahulu mungkin hanya
bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun berjalannya waktu teknologi
pun semakin maju dan pesat sehingga komputer sekarang dapat membantu manusia
dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun. Seiiring dengan berjalannya
waktu komputer pun mengalami revolusi atau perubahan sesuai generasinya.
Generasi-generasi komputer pun menjadi beberapa generasi. Mulai dari komputer
yang hanya bisa mengerjakan hal yang sederhana hingga yang rumit. Bentuk maupun
spesifikasinya pun berbeda. Oleh karena itu komputer sangatlah membantu dalam
pekerjaan manusia
Pembahasan
1. Evolusi Arsitektur
Di
antara demikian banyak pemahaman tentang arsitektur, arsitektur dikenal juga
sebagai suatu tradisi yang berkembang. Dari waktu ke waktu wajah arsitektur
selalu mengalami perubahan. Hal-hal yang mempengaruhi perkembangan dan
pengembangan arsitektur tidak hanya berupa keadaan eksternal, tetapi juga
keadaan internal. Dsini kita membahas mengenai evolusi arsitektur pada
komputer. Arsitektur dari komputer sendiri merupakan suatu susuan tau rancangan
dari komputer tersebut sehingga membentuk suatukesatuan yang dinamakan
komputer. Komputer sendiri berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama
hingga sekarang. Evolusi sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaanya dalam
kehidupan. Evolusi pada komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang
dibutuhkan manusia itu sendiri. Sekarang ini komputer sudah dapat melakaukan
perintah yang sulit sekalipun tidak seperti dulu yang hanya bisa melakukan yang
sederhana saja. Itulah yang dinamakan evolusi arsitektur yaitu perubahan bentuk
juga fungsi dan kemampuannya.
2. Klasifikasi Arsitektur
Pada
komputer terdapat berbagai klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap komputer
tentunya memilik klasifikasi masing-masing. Disini membahas mengenai
klasifikasi arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria
mesin Von Neumann :
1.
Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah
I/O sistem
2.
Merupakan stored-program computer
3.
Menjalankan instruksi secara berurutan
4.
Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Pada
tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya
yaitu :
1.
Jumlah prosesor
2.
Jumlah program yang dapat dijalankan
3.
Struktur memori
Menurut
Flyyn ada 4 klasifikasi komputer :
1. SISD
(Single Instruction Stream, Single Data Stream)
Satu
CPU yang mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data
satu persatu.
2. SIMD
(Single Instruction Stream, Multiple Data Stream)
Satu
unit kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu
Elemen Pemroses
3. MISD
(Multiple Instruction Stream, Single Data Stream)
Mengeksekusi
beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Ada dua kategori:
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
- Mesin dengan Unit pemroses berbeda dengan instruksi yang berbeda dengan data yang sama (sampai sekarang tidak ada mesin yang seperti ini)
- Mesin, dimana data akan mengalir ke elemen pemroses serial
4.
MIMD (Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream
Juga
disebut multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut
terhadap dengan datanya masing-masing,
3. Kualitas Arsitektur Komputer
Kualitas
arsitektur komputer merupakan suatu yang menentukan komputer itu baik atau
tidak. Komputer dikatakan baik jika memiliki kualitas yang baik dalam hal
apapun. Begitu juga komputer dikatakan tidak baik jika komputer tersebut tidak
dapat memenuhi apa yg diperintahkan atau diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi
inilah yang disebut dengan kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu
:
1. Generalitas
adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
2. Daya
terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah
direncanakannya.
3. Efisiensi
adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk
selama penggunaannya biasa.
4. Kemudahan
penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer sistem untuk
mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut, misalnya sistem
pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini
merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
5. Daya
terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan
yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit untuk membuat
mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6. Daya
kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya
atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun komputer memungkinkan
perancang untuk menggunakan ukuran memori yang berjangkauan luas dalarn anggota
rumpun.
4. Faktor Keberhasilan
Faktor
keberhasilan merupakan sesuatu yang membuat dapat terlaksananya suatu hal yang
dilakukan. Dalam komputer faktor keberhasilan merupakan sesuatu yang ada pada
komputer dimana hal itu membuat komputer dapat melaksanakan tugasnya atau yang
diperintahkan pengguna dengan baik.
Ada
empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat
arsitekturalnya yaitu :
1. Aplicability
Arsitektur
ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Maleability
Bila
arsitekturlebih mudah membangunsistem yang kecil, maka akan lebih baik.
3. Expandibility
Lebih besar daya kembang arsitektur
dalam daya komputasi, ukuran memori, kapasitasI/O, dan jumlah prosesor,maka
akan lebih baik.
4. Comptible
5.
Struktur Dasar Komputer dan Organisasi Komputer
Suatu
sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
- Unit masukan (Input Unit) yaitu dimana terdapat perintah atau instruksi yang dilakukan kepada komputer oleh pengguna
- Unit kontrol (Control Unit) merupakan suatu unit yang berfungsi untuk mengontrol atau mengendalikan semua yang terdapat dalam komputer
- Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU) adalah suatu unit dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau perhitungan
- Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit) yaitu unit penyimpanan dana yang dilakukan komputer
- Unit keluaran (Output Unit) merupakan suatu hasil yang diharapkan dari suatu inputan yang telah dimasukkan
Organisasi komputer
Organisasi
Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional.
contohnya teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori,
sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Organisasi komputer bisa kita artikan
sebagai cara bagi komputer (yang didesign oleh manusia) dalam menkonsolidasikan
diri mereka hingga membentuk suatu performa yang diinginkan, seperti halnya
organisasi yang sering kita temukan, organisasi komputer ini juga memiliki
tujuan, tujannya adalah menghasilkan kerja komputer seperti yang diinginkan
manusia sebagai pembuatnya.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar