Perspektif
Historis
Kebanyakan universitas di Eropa Barat dan Amerika
Serikat , Khususnya yang sudah cukup tua , Memiliki moto atau semboyan yang
biasanya dapat di lihat pada logo Universitas tersebut. Meskipun lokasi kedua
institusi pendidikan ini sangat berdeketan satu sama lain , tidak banyak orang local
menyadari bahwa orientasi pendidikan mereka ,yang terungkap dalam moto-moto
tersebut ,merupakan warisan dari dua gerakan pendidikan yang pernah muncul dari
sejarah manusia dan yang sampai kini ,dalam tingakt tertentu ,masih
mempengaruhi orientasi pendidikan universal manusia: yang satu berorientasi
pada pencarian kebenaran ,yang lain mengidealkan pengabdian kepada masyarakat
banyak ,bagai kebenaran yang telah di temukan oleh manusia ,baik yang bersifat
saintifik ,filosofis ,maupun religious . Tidak banyak orang menyadari bahwa
tradisi dan institusi akademik seperti Universitas yang kita miliki sekarang
ini berasal dari dua perkembangan yang terjadi dalam zaman keemasan Abad
Pertengahan di Eropa Barat . Berlainan dengan tradisi Byzantium dan Arab yang memiliki
dan mempelajari banyak karya Aristoteles yang berupa koleksi bahan-bahan kuliah
,tradisi Latin di Eropa Barat praktis terputus dari warisan filosofis zaman
klasik ini Karena khawatir bahwa kemunduran vitalitas intelektual dalam zamnnya
akhirnya akan membuat generasinya yang berbahasa Latin dan kurang terdidik itu
kehilangan kontak dengan warisan filsafat Yunani kuno ,ia pun menerjemahkan
karya-karya Aristoteles yang tersedia ,Misalnya teks mengenai logika
,Categories (kategori) dan On Interpretation (mengenai penafsiran) . Bersama
dengan karya-karya Euclid ,Prolemeus ,Galen Hippokrates dan sejumlah filsuf
neoplatonis ,hamper semua karya Aristoteles beserta buku-buku komentar dalam
bahasa Yunani dan Arab ,khususnya karanganIbn Sina dan Ibn Rushd ,menjadi
sumber bacaan baru yang sangat menarik bagi pembaca berbahasa Latin .Karena
belum pernah menemukan bacaan baru yang sangat menarik bagi pembaca berbahasa
Latin.Karena belum pernah menemukan sebuah system filosofis yang begitu luas
dan canggih .
Metode skolastik inilah yang menjadi akar dari kultur akademik atau saintifik dalam institusi pendidikan seperti Universitas dan menjadi standar yang harus di capai oleh setiap (calon)master atau pengajar professional .Ketika sains modern berkembang dalam anad keenam belas dan ketujuh belas ,metode ini kemudian dig anti dengan cara yang lebih empiris dan eksperimental Kata ‘ Humanisme ‘ di sini hendaknya tidak di lihat sebagai pandangan filosofis yang mengangkat konsern dan nilai-nilai kemanusiaan .Melainkan sebagai sebiuah gerakan budaya dan sastra tertulis yang menekankan dan mengembangkan studi literatut klasik .Di sinilah keterampilan retrorika dapat memainkan peranan yang sangat penting karena dapat di gunakan untuk mempengaruhi orang untuk menghidupi sebuah kehidupan yang lebih berkeutamaan dan untuk menjadi warga Negara yang baik dan peduli dengan kesejahteraan dan kebaikan negaranya .
Metode skolastik inilah yang menjadi akar dari kultur akademik atau saintifik dalam institusi pendidikan seperti Universitas dan menjadi standar yang harus di capai oleh setiap (calon)master atau pengajar professional .Ketika sains modern berkembang dalam anad keenam belas dan ketujuh belas ,metode ini kemudian dig anti dengan cara yang lebih empiris dan eksperimental Kata ‘ Humanisme ‘ di sini hendaknya tidak di lihat sebagai pandangan filosofis yang mengangkat konsern dan nilai-nilai kemanusiaan .Melainkan sebagai sebiuah gerakan budaya dan sastra tertulis yang menekankan dan mengembangkan studi literatut klasik .Di sinilah keterampilan retrorika dapat memainkan peranan yang sangat penting karena dapat di gunakan untuk mempengaruhi orang untuk menghidupi sebuah kehidupan yang lebih berkeutamaan dan untuk menjadi warga Negara yang baik dan peduli dengan kesejahteraan dan kebaikan negaranya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar