Kamis, 24 November 2011

TUGAS 2

Dalam kehidupan kita kenal ada tiga karakter dan lingkungan yang di miliki oleh manusia ,yaitu : individu ,keluarga ,dan masyarakat .
Berikanlah sebuah pemahaman dari tiga tipe /pola kehidupan dan jelaskan pula contoh-contoh dari masing-masing kehidupan tersebut .

Jawab :

Individu atau Pribadi manusia merupakan keselurahan jiwa raga yang mempunyai ciri-ciri khas .

Pertumbuhan individu adalah proses perubahan scara perlahan-lahan pada manusia dalam mengenal suatu secara keseluruhan baru kemudian mengenalbagian-bagian dari lingkungan yang ada


Pembagian pertumbuhan individu berdasarkan psikologi :
1 . Masa vital yaitu dari usia 0.0 sampai kira-kira 2 tahun .pada masa individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya .


2 .Masa estetik dari umur kira-kira 2 tahun sampai kira-kira 7 tahun ,pertumbuhan anak dalam fungsi panca indera ,sebagai subyek yang mempunyai kebebasan untuk menghendaki sesuatu .

3. Masa intelektual dari kira-kira 7 tahun sampai kira-kira 13 tahun atau 14 tahun .adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit ,amat realistik ingin tahu ,ingin belajar ,gemar membentuk kelompok adanya .

4. Masa sosial ,kira-kira umur 13 tahun atau 14 tahun sampai kira-kira 20-21 tahun .


Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat .

Konsep Keluarga :
1 .Keluarga terdiri dari orang-orang yang bersatu karena ikatan perkawinan .
2 .Anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama-sama dalam sutu rumah dan mereka membentuk suatu rumah tangga (household).
3. keluarga itu merupakan satu kesatuan orang-orang yang berinteraksi dan saling berkomunikasi ,yang memainkan peran suami dan istri ,bapak dan ibu .
4. Keluarga itu mempertahankan suatu kebudayaan bersama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas .


Masyarakat adalah suatu istilah yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari ,ada masyarakat kota ,masyarakat desa ,masyarakat ilmiah ,dan lain-lain .

 Pertumbuhannya masyarakat dapat di golongkan menjadi :
1 .Masyarakat sederhana .dalam lingkungan masayarakat sederhana (primitive)pola pembagian kerja cenderung di bedakan menurut jenis kelamin .
2 .Masyarakat maju .Masyarakat maju memiliki  aneka ragam kelompok sosial ,masyarakat tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan di capai .




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar